Tombol back untuk iPhone Emulator XCode

Untuk yang lagi cari tombol back di Emulator XCode iPhone atau iPad bisa dilihat penjelasannya disini.
637  
       

XCode di MacOS sudah menyediakan emulator sendiri untuk iPhone dan iPad. Pasti untuk yang baru pertama kali menggunakan XCode dan menjalankan emulatornya tidak ada masalah. Namun, ketika mencari tombol back itu tidak ada didalam emulatornya. Jadi apa yang harus kita lakukan untuk mencari tombol back di Emulator iPhone atau iPad nya? Berikut ini adalah tips dan triknya.

Googling dengan keyword Xcode iOS 7 simulator- no home button?

Salah satu saran pertama yaitu googling dengan keyword Xcode iOS 7 simulator no home button. Ternyata ini juga tidak banyak membantu kalau tidak bisa baca bahasa inggris. Jadi, silakan cari saja satu per satu di SERP google apakah menampilkan hasil yang diinginkan?

Mencari di Buku Panduan XCode

Jika membuka appstore, kemudian cari ada aplikasi XCode guide (Docs for XCode) berbahasa inggris mungkin akan menemukan keterangannya. Ternyata aplikasi itu bukan untuk manual XCode tapi untuk menyimpan dokumentasi XCode. So, jadi harus kemana mencarinya?

Akhirnya tombol Back Button ditemukan!

Pada akhirnya setelah googling kesana kesini bisa ditemukan cara back button di emulator.
 
Cara back button di XCode iPhone emulator

  1. Jalankan emulator XCodenya
  2. Tunggu sampai loading selesai
  3. Kemudian buka aplikasi
  4. Ketika window sedang aktif didalam emulator tekan CMD+SHIFT+H.

Terimakasih. Semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>