Cara Update NodeJS Cordova di Mac

Kali ini akan dibahas mengenai cara upgrade Apache Cordova beserta Android SDKnya
348  
       

Apache Cordova merupakan framework open source pengembangan dari PhoneGap. PhoneGap sebelumnya opensource, namun untuk beberapa saat akhirnya phonegap dikembangan secara khusus oleh Adobe. Sementara untuk yang opensource nya dikembangan dibawah label Apache Cordova. Berikut ini adalah cara update atau upgrade Apache Cordova di Mac.

Pastikan Sudah Install NodeJS

Jika anda belum pernah install NodeJS silakan download dan install nodejs terlebih dahulu.

Masuk Ke Console  / Terminal

Setelah diinstall NodeJS-nya, kemudian masuk ke terminal setelah itu masuk sebagai root.

Proses Upgrade Apache Cordova

Untuk menginstall atau mengupgrade Apache Cordova sebetulnya sangat mudah. Setelah install NodeJS, masuk ke terminal, kemudian jalankan kode ini.

npm install -g cordova

Setelah mengeksekusi kode tersebut, sudah dipastikan akan terupgrade atau terinstall sendiri. Tunggu sampai prosesnya selesai (bisa dilihat pada gambar dibawah ini).

Update Android SDK

Jika anda belum mempunyai Android SDK, silakan install terlebih dahulu. Android SDK sekarang sudah menjadi satu dengan Android Studio. Jika belum diinstal silakan download Android studio terlebih dahulu. Ukuran file download android studio sekitar 1.5 GB.

Jika telah menginstall android studio, cukup jalankan android studio kemudian pada menu startup pilih configure -> Android SDK.

Kemudian setelah itu, kita bisa tahu dimana Android SDK berada kemudian eksekusi Android SDK manajernya lewat terminal / console untuk pengupdatean. Sebetulnya Update Android SDK itu tidak wajib, namun ini sangat disarankan untuk mengupdatenya barangkali ada perubahan pada core atau pada gradlenya.

Menjalankan Apache Cordova

Jika telah selesai, kita bisa mendebug Apache Cordova melalui phonegap-cli atau dengan build langsung ke Handphone Android dengan cara mengkoneksikannya melalui kabel USB. Pastikan Handphone anda sudah ada pada keadaan developer mode. Dan tidak lupa juga, pastikan Driver USB Cable nya sudah terinstall dan handphone nya sudah terdetek oleh Mac anda.

Menjalankan Melalui Emulator

Apache Cordova bisa dijalankan melalui emulator dengan menggunakan terminal atau console. Berikut ini adalah caranya.

cordova run android

Jika tidak jalan, pastikan platform android nya sudah diinstal sebelumnya. Berikut adalah cara install platform-nya.

cordova platform add android

Demikian. Semoga Membantu.

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>