SEME Framework API DOC SENE_Controller

Class SENE_Controller merupakan class utama yang ada dalam SEME Framework. Class ini menjadi patokan utama dalam penggunaan SEME Framework
33  
       

Class SENE_Controller merupakan class utama yang memiliki banyak metode didalamnya untuk keperluan path routing, layouting, memanggil library dan model.

Abstract Method

Class SENE_Controller ini memiliki 1 abstract method index() yang mana didalam penggunaan baik instansiasi langsung maupun turunan dari class core mewajibkan function index ini terdefinisi. Gunanya ialah untuk memberikan respon ke routing kalau fungsi path index selalu terdefinisi.

Method List

Berikut ini adalah daftar dari metode yang dimiliki oleh Class SENE_Controller.

  • setTheme

    Metode ini digunakan untuk menyetel tema utama dari view. Nilai defaultnya yaitu front. Pastikan folder view/front sudah terdefinisi beserta script.json dan theme.json nya diawal penggunaan.

  • loadLayout

    Metode loadLayout adalah metode yang berguna untuk memanggil file layout dari view. File layout ini ada didalam folder app/view/[nama_tema]/html/ untuk versi 3. Sementara untuk versi 2 ada didalam app/view/[nama_tema_utama/nama_tema]/html/.

    Isi dari file layout ini merupakan wrapper html yang memanggil header, menu, side menu (kiri dan atau kanan), dan innercontent. Side menu dan inner content ini bisa secara dinamis dipanggil melalui buffer SENE_Controller.
    Pastikan metode loadLayout ini dipanggil tepat sebelum metode render.

  • putThemeContent

    Ini adalah metode untuk memasukan view inner content kedalam layout utama. Metode ini tidak menampilkan secara langsung hasil view nya, namun dimasukan dulu kedalam buffer yang akan dieksekusi setelah method render dipanggil.

    Metode ini harus dipanggil sebelum loadLayout(). Adapun parameter yang digunakan yaitu:

    • Path yang merujuk ke view, kalau misalkan template nya adalah front, dan fisik view nya ada di app/view/front/siswa/list.php maka isinya adalah siswa/list
    • Data, parameter ini berisi array yang akan dilewatkan atau dipanggil didalam view. Setiap arraykey yang ada didalam array data akan menjadi variabel lokal didalam view.
    • Contoh penggunaan:
      $this->putThemeContent('siswa/list',array("nim"=>'10108088',"nama"=>'Daeng'));
      
  • view

    Method ini memungkinkan untuk memanggil file tampilan tanpa harus melalui buffer dan themes. Dengan metode view yang akan dipanggil ada didalam folder app/view. Memiliki dua parameter, yang pertama adalah file path tanpa extensi php yang merujuk kepada file yang ada di folder app/view. Yang kedua adalah data yang berupa array yang akan dilewatkan kedalam file view. View ini tidak cocok untuk disandingkan dengan layouting method.

    Jika ada file view didalam app/view/error/http404.php, maka ini adalah contoh penggunaanya.

    $data = array();
    $this->view('error/http404',$data);
    

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>