Membuat User Root di Centos Linux

Membuat user baru atau user yang tidak memiliki hak akses menjadi root, sebetulnya sangat tidak dianjurkan. mari kita lihat selengkapnya.
1896  
       

Membuat user baru atau user yang tidak memiliki hak akses menjadi root, sebetulnya sangat tidak dianjurkan. Namun, untuk beberapa kasus tertentu hal ini haruslah digunakan. Bagaimanakah caranya? mari kita lihat selengkapnya.

Pendahuluan

Perintah sudo menyediakan mekanisme pemberian hak istimewa administrator, biasanya hanya tersedia untuk pengguna root, kepada pengguna normal. Panduan ini akan menunjukkan cara termudah untuk membuat pengguna baru dengan akses sudo di CentOS, tanpa harus memodifikasi file sudoers server Anda. Jika Anda ingin mengkonfigurasi sudo untuk pengguna yang ada, cukup lompat ke langkah 3.

Langkah 1

Login sebagai user di CentOS. Berikut ini adalah contoh login sebagai user menggunakan SSH di sistem operasi linux atau unix.

ssh root@server_ip_address

atau bisa menggunakan putty untuk windows. Jika belum punya putty, link download putty.

Langkah 2

Gunakan perintah adduser untuk menambahkan user baru.

adduser namapengguna

Kemudian ubah passwordnya menggunakan perintah passwd, karena user yang baru ditambahkan belum mempunyai password.

passwd namapengguna

Langkah 3

Gunakan perintah usermod untuk memasukan user baru tersebut kedalam group wheel. Dalam CentOS, group user wheel sudah masuk ke dalam sudoers sehingga tidak usah mengubah file sudoers-nya. 🙂

usermod -aG wheel namapengguna

Jika ingin menambahkan user yang sudah ada kedalam sudoers, cukup ubah namapengguna menjadi namauser yang sudah terdaftar.

 

 

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>