Centos 7 Konfigurasi Firewall dengan Mudah

Firewall sungguh sangat penting jika kita memiliki VPS yang di manage sendiri. System-config-firewall-tui merupakan salah satu alternatifnya
269  
       

Firewall sungguh sangat penting jika kita memiliki VPS yang di manage sendiri. Sebetulnya ada beberapa alternatif firewall untuk VPS CEntos7, bisa menggunakan iptables atau firewall-cmd. Sekarang untuk mempermudahnya, kita akan mencoba menggunakan system-config-firewall-tui. Dimana dengan aplikasi ini berbentuk tampilan yang cukup mudah dimengerti untuk yang awan.

Cara install

Untuk menginstall system-config-firewall-tui, pertama-tama update dulu repositorynya.

sudo yum update -y

Kemudian install kan system-config-firewall-tui

sudo yum install system-config-firewall-tui -y

Menjalankan Firewall

Untuk menajalankan firewallnya cukup eksekusi saja perintah.

sudo system-config-firewall-tui

Segera setelah di eksekusi, nanti akan ada muncul kotak biru, ditengahnya ada tulisan enable firewall, kemudian tiga tombol dibawahnya yaitu Ok, Customize dan Cancel.
Untuk memindahkan pointer, cukup dengan menekan tombol TAB di keyboard anda. Untuk mencontreng tekan SPASI. sementara untuk mengeksekusi atau menekan tombol tekan enter.

Mengaktifkan Firewall

Untuk mengaktifkan firewall, langsung saja centang enable firewall ditengah, dengan cara menekan tombol TAB satu kali sehingga mengarah / menyorot ke Enable Firewall.

Kemudian, setelah itu pilih tombol Customize, dengan cara menekan tab beberapa kali sehingga menyorot ke tombol tersebut, kemudian tekan enter.

Setelah itu ikut langkah-langkahnya, karena ini cukup mudah. Baca saja perintahnya seperti enable http atau https ftp dan lain sebaginya. Kalau misalkan kurang yakin bisa tekan tombol escape ESC di keyboard.

Semoga Membantu.