Cara Merawat Macbook

kali ini akan dipaparkan tentang hal yang umum sampai dengan spesifik bagaimana cara perawatan macbook.
813  
       

Sebetulnya sama saja seperti laptop atau gadget pada umumnya, namun kenapa harus Macbook? kenapa tidak merk lain atau tipe lain. Iya karena barang ini bisa disebut fanboy atau barang hobi yang sudah jelas emang mahal. Kalau masalah kegunaan relatif lah ya, untuk kali ini akan dipaparkan tentang hal yang umum sampai dengan spesifik bagaimana cara perawatan macbook.

Mengenal bahan Casing Macbook

Casing Macbook terbuat dari alumunium dimana sifatnya adalah anti karat, mudah panas, berat, lumayan kuat, dan juga mudah penyok kalau terbentur. Untuk laptop lain biasanya terbuat dari bahan plastik. Tentu ini akan berbeda cara perawatannya secara spesifik. Namun, pada umumnya ada hal yang memang bisa diterapkan sama terhadap laptop pada umumnya.

Memulai Perawatan Dasar

Untuk memulai perawatan, ada beberapa kiat-kiat yang berlaku untuk semua varian macbook ini antara lain:

  • Gunakan hanya kain lembut dan tidak berserabut. Hindari kain kasar, handuk, tisu, dan sejenisnya yang dapat mengakibatkan kerusakan.
  • Lepas semua catu daya, perangkat, dan kabel eksternal.
  • Jauhkan segala macam cairan dari produk.
  • Jangan sampai cairan masuk ke celah apa pun.
  • Jangan gunakan semprotan aerosol, pelarut, atau penggosok.
  • Jangan semprotkan pembersih langsung ke produk.

Memulai Perawatan Lanjut

Saat membersihkan bagian luar MacBook matikan komputer terlebih dulu, lalu lepas adaptor daya. Gunakan kain lembut, lembap, dan tidak berserabut untuk membersihkan bagian luar komputer. Hindari masuknya air pada bagian celah mana pun. Jangan semprotkan cairan langsung ke komputer. Jangan gunakan semprotan aerosol, pelarut, penggosok, atau pembersih mengandung hidrogen peroksida yang dapat merusak lapisan.
 
Untuk membersihkan layar MacBook, MacBook Pro, atau MacBook Air, matikan komputer terlebih dulu, lalu lepas adaptor daya. Lembapkan kain lembut yang tidak berserabut dengan air, lalu gunakan untuk membersihkan layar komputer.
Penting: Casing bagian bawah MacBook (13 inci, Akhir 2009) dan MacBook (13 inci, Pertengahan 2010) menggunakan bahan lembut yang tidak licin. Gunakan 3M Gray Microfiber atau kain lembut tanpa pewarna dan tidak berserabut untuk membersihkan casing bagian bawah.

Mengatasi Cairan Masuk

Jika cairan masuk ke dalam produk Apple, minta bantuan dari Penyedia Layanan Resmi Apple atau Apple Retail Store secepat mungkin. Kerusakan akibat cairan tidak tercakup dalam garansi produk Apple atau AppleCare Protection Plans. Jika Anda berencana mengunjungi Apple Retail Store.

Bagaimana jika jauh dari AppleStore Terdekat?

Para Pengguna Mac sebetulnya tersebar di seluruh Indonesia bahkan Dunia. Untuk itu, selalu ada forum yang tidak resmi yang siap memberikan bantuan “seadanya”. Seperti saat sebelum membeli produk Macbook sampai dengan cara perawatan sederhananya.

Kenapa harus menjaga Macbook dengan Baik

Ada beberapa kendala yang memang produk ini harus dijaga.

  1. Harga sparepart macbook luar biasa, bahkan ada yang tidak bisa diganti khusus untuk macbook retina.
  2. Kebanjiran bisa membuat mac anda mati total. Jadi sebisa mungkin jangan sampai kebanjiran.
  3. Harga Casan / Adaptor, ada dikisaran Rp. 1 juta. Jadi sayangilah casan macbook anda. Gunakan dengan bijak

Demikian. Semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>