Cara Uninstall Smadav

Smadav merupakan salah satu antivirus yang terkenal di Indonesia. Tapi antivirus ini susah diuninstall, bagaimana caranya? Lihat Disini!
348  
       

Smadav merupakan salah satu antivirus yang terkenal di Indonesia. Smadav bisa di download secara resmi di smadav.net.

Kisah terciptanya Smadav

Zainuddin Nafarin adalah promotor dari terciptanya SMADAV ini. Beliau mulai tertarik dengan virus ketika dia sekolah di sma 2 Palangkaraya. Ketika duduk di kelas XI (kelas 2), dia mulai mengenal visual basic di laboratorium komputer. Teman-temannya sering meminta tolong untuk membersihkan virus di komputernya. Saat itu tahun 2006 sedang banyak beredar virus lokal di palangkaraya. Virus lokal ini seringkali tidak dapat dideteksi oleh antivirus buatan luar negeri. Akhirnya Zainuddin mulai mencoba membuat antivirus sendiri. Di sinilah mulai munculnya Smadav yang namanya terinspirasi dari nama sekolahnya.

Selanjutnya pengembangan smadav sempat vakum, karena dia terpilih untuk mengikuti lomba Olimpiade Matematika mewakili sekolahnya, bahkan sampai ke level nasional di Surabaya. Smadav mulai dia kembangkan lagi ketika kuliah di UGM – hingga sekarang.

Zainuddin selanjutnya cerita perbandingan malware dulu dan sekarang. Dulu (tahun 2005-2010) file malware hanya berupa single hash dan tidak dienkripsi. Saat ini malware jauh lebih kompleks, memiliki teknik polymorphic dan sudah dienkripsi. Dulu varian baru malware baru muncul hanya sekali dalam sebulan, sementara saat ini hampir tiap jam muncul varian malware baru. Dulu perbandingan jumlah malware lokal dan malware luar cukup imbang sekitar 50:50. Saat ini 90% malware berasal dari luar. Dulu malware dibuat dengan tujuan personal, sementara saat ini malware dibuat dengan tujuan finansial.

Cara Uninstall Smadav

Berikut ini adalah cara uninstall smadav tanpa aplikasi / Manual:

  • Buka Smadav, lalu masuk ke bagian protection.
  • Akan muncul tools Smart-Protection. Disana kita pilih Uninstall.
  • Terus ikuti tahap-tahap uninstall sampai selesai. Jika sudah selesai, sobat lihat pada desktop dan Taskbar, maka ikon Smadav sudah hilang.
  • Jangan senang dahulu, bukan berarti Smadav sudah berhasil di-uninstall sampai habis. Tahap selanjutnya, hapus folder Smadav yang terdapat pada Folder Computer >> Local Disk (C:) >> Program Files.
  • Jika tidak terhapus semuanya, maka ada beberapa file di dalamnya yang tidak dapat dihapus. File yang tidak dapat dihapus tersebut biasanya berekstensi .dll . Ubah nama file yang tidak dapat dihapus tersebut dengan nama apa saja dan ubah ekestensi-nya menjadi .txt .
  • Jika folder Smadav beserta seluruh isinya dapat dihapus, maka itu lebih baik lagi.
  • Buka program Registry Editor dengan menekan tombol Start+R, ketikan “regedit” (tanpa kutip), dan klik OK.
    Pada Registry Editor, masuk ke folder Computer >> HKEY_CURRENT_USER >> Software. Lalu hapus folder SMADAV dengan klik kanan >> delete.

Demikian Semoga Membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>