Membuat Kerangka Halaman untuk Tema Seme Framework

Seme Framework memiliki aturan khusus untuk mengadopsi temanya supaya lebih mudah digunakan.
57  
       

Seme Framework memiliki aturan khusus untuk mengadopsi temanya supaya lebih mudah digunakan. Pada dasarnya ada 3 kerangka halaman yang biasa digunakan yaitu, halaman 1 kolom penuh, halaman 2 kolom, dan halaman 3 kolom. Halaman 2 kolom biasanya pada sisi kiri atau kanan digunakan untuk side bar atau side menu. Sementara untuk halaman 3 kolom, biasanya salah sebelah kanan diisi menu, dan sebelah kiri diisi dengan widget. Sebelum melanjutkan, bisa diperiksa dulu cara membuat tema dasar untuk seme framework.

Kerangka 1 Kolom

untuk membuat kerangka halaman, biasanya seme framework disimpan di

app/view/temautama/temadasar/page/

adapun contoh kodenya yang akan disimpan dengan nama col-1.php

<!doctype html>
<html class="no-js" lang="en" dir="ltr">
<?php $this->getThemeElement("head"); ?>
<body>
<?php $this->getThemeElement("header","page/html",$__forward); ?>
<div class="container">
<div class="row">
<div class="columns">
<?php $this->getThemeContent(); ?>
</div>
</div>
</div>
<?php $this->getThemeElement("footer","page/html",$__forward); ?>
<?php $this->getJsFooter(); ?>
<script src="<?php echo base_url(); ?>assets/js/vendor/datatables.min.js"></script>
<script>
$(document).ready(function(e){
$(document).foundation();
$("#datatables").DataTable();
<?php $this->getJsReady(); ?>
});
</script>
</body>
</html>

nanti akan dijelaskan satu per satu mengenai kodenya.

Fungsi getThemeElement

Fungsi ini memiliki 3 parameter yaitu “nama file yang akan diinclude tanpa extensi php”, “lokasi atau path atau folder tempat file itu berada”. Secara default, ini berisikan “page/html”. dan 1 lagi adalah external variabel yang dilewatkan dari controller menuju view. Adapun global variablenya adalah “$__forward”. ini menandakan bahwa setiap variabel yang dilewatkan akan melalui variabel tersebut. sehingga lebih mudah untuk digunakan nantinya.

Selain digunakan untuk isi, fungsi getThemeElement ini juga bisa digunakan untuk memanggil header yang memungkinkan untuk menciptakan header yang kaya akan kontent. Bisa juga dibuat untuk membangun CMS yang SEO Friendly.

Adapun contoh penggunaan dari getThemeElement antaralain:

<?php $this->getThemeElement("head"); ?>
<?php $this->getThemeElement("header","page/html",$__forward); ?>
<?php $this->getThemeElement("footer","page/html",$__forward); ?>

Fungsi getThemeContent

Fungsi ini digunakan untuk menekan isi kedalam kerangka yang telah dibuat. Isi ini bisa bermacam-macam, tergantu nanti file yang akan ditekan kedalam kerangka ini. Proses penekanan isi kedalam kerangka terjadi dicontroller. Sehingga Seme Framework dapat menciptakan Sistem Pengelolaan Isi (CMS) yang dinamis.

Fungsi getJsFooter

Fungsi ini sebelumnya telah didefinisikan didalam script.json yang ada pada directory dasar tema. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan script yang akan dipakai atau akan di merge dalam suatu cache yang utuh. Sehingga bisa memberikan kecepatan yang cukup signifikan karena mengurangi request.

Referensi selengkapnya baca di: API DOC getJsFooter

Fungsi getJsReady

Merupakan fungsi yang akan menekan script php yang berisikan bahasa javascript kedalam fungsi yang sudah ready. Fungsi ini bertujuan untuk mengurangi kesalahan pemanggilan javascript, sehingga proses development dapat lebih ringan.

Demikian. semoga membantu.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>