Cara Backup Magento menggunakan ZIP

Untuk backup magento ada beberapa cara, sesuai dengan postingan saya sebelumnya.
161  
       

Untuk backup magento ada beberapa cara, sesuai dengan postingan di NyingSpot sebelumnya. Kali ini ada beberapa trik pertama backup database, cleanup database, backup file selain file gambar produk, dan terakhir backup file gambar produk.
 
Sebelum menjalankan script ini, pastikan posisi sudah diatas root magento nya. Contoh /home/cirengeasy/sites/rompikulit.com maka posisinya harus di /home/cirengeasy/sites/. Setelah itu baru bisa menjalankan scriptnya.
 

Backup Magento Database

Hal ini dilakukan pertama kali, sebab database itu sifatnya lebih penting dari pada file lainya. Untuk itu, database dimasukan dalam urutan pertama. Pertama kita dump dulu database menjadi SQL, setelah itu baru kita ZIP kan. Berikut adalah perintahnya.

mysqldump -u nama_user -p nama_database > nama_database.sql
zip -9 nama_database.sql.zip nama_database.sql

 

Backup Magento Core Engine

Kemudian setelah backup database, barulah kita backup core magento nya kecuali gambar produk. Untuk melakukanya gunakan perintah dibawah ini.

zip -9 -r rompikulit.zip rompikulit.com/* -x rompikulit.com/media/catalog/product/**\* rompikulit.com/var/log/**\* rompikulit.com/var/report/**\* rompikulit.com/var/cache/**\* rompikulit.com/var/session/**\*

 

Backup Magento Foto Produk

Setelah semuanya terbackup, barulah kita akan backup Image Master Produknya Magento. Dalam script ini ada dua buah objektif, yang pertama backup image produk, kedua cache produknya jangan dibackup.

zip -u -9 -r rompikulit-product.zip rompikulit.com/media/catalog/product/* -x rompikulit.com/media/catalog/product/cache/**\*

Demikian.

One Response to “Cara Backup Magento menggunakan ZIP”

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>